RADIO PROGRAM
Sebuah kenyataan bagi seluruh stasiun penyiaran radio di masa kini, yang mengharuskan mereka bersaing sedemikian ketatnya untuk mencapai target pendengar yang diinginkan. Agar target itu tercapai sesuai dengan positioning yang diinginkan, maka dibutuhkan programming atau penataan acara.
Hal paling penting dalam proses perencanaan programming adalah dengan mengembangkan sebanyak-banyaknya citra dan reputasi brand. Apabila pelaksanaannya berhasil, tentu akan berdampak pada sirkulasi pemasangan iklan di radio tersebut. Jika pemasukan dari pemasang iklan berjalan dengan baik, berarti program penyiaran dapat dikatakan berhasil.
I. PROGRAM DIRECTOR
Professional yang bertanggung jawab penuh mengelola program siaran radio, biasanya disebut sebagai Program Director (PD). Orang ini memiliki kemampuan yang khusus, mulai dari perencanaan hingga organisator bagi setiap bentuk program di radionya. Sehingga apabila radio tersebut beroperasi selama 18 jam per-hari, maka target utama yang harus dicapainya meliputi:
1. Program yang berkesinambungan, mulai dari daily hingga special program. Dari program-program yang mengudara setiap harinya itu, PD bersama timnya berkewajiban mengevaluasi kebiasaan pendengarnya. Karena apabila program yang ditampilkan itu tidak berkenan dihati pendengar, maka besar kemungkinan mereka akan pindah ke gelombang lainnya. Perihal sensitif inilah yang harus di waspadai PD, terhadap semua program yang dikelolanya.
2. Program yang istimewa dan berbeda, mulai dari daily hingga special program. Hal ini merupakan tantangan, yang sesungguhnya paling mengasyikkan bagi seorang PD. Karena differentiation dari setiap program yang dikelolanya, harus benar-benar istimewa, mengingat pesaingnya juga punya target audience yang sama.
3. Program yang komersil, mulai dari daily hingga special program. Bukankah penghasilan terbesar dari sebuah radio, terletak pada banyaknya pemutaran spot iklan komersil. Untuk itu PD harus memutar kran kreatifitas di otaknya, untuk menghasilkan karya-karya program yang dapat dikomersilkan. Sehingga dengan banyaknya minat pendengar mengikuti program-program seperti itu, maka pengiklan pun dengan senang hati bergabung meramaikan suksesnya program tersebut.
4. Program yang bukan menjiplak dan tidak mudah untuk ditiru. Hal ini merupakan tugas paling berat bagi seorang PD. Namun melalui kerjasama yang baik bersama Radio Production dan Radio DJ, masalah ini akan dapat terorganisir dengan baik. Apabila pengudaraan siaran mulai dari daily hingga special program dapat dilaksanakan layaknya special program, tentu tingkat kesulitan dan kesibukan anggota tim akan lebih tinggi dibandingkan radio “biasa” lainnya. Otomatis Radio Production akan banyak memproduksi rekaman-rekaman kreatif yang rutin, seperti; insert-insert PSA (Public Service Announcement), CHG (Celebrity Hot Gossip), Smash, Bridging, bahkan Jingle. Begitu juga peranan Radio DJ. Mereka adalah penyiar-penyiar yang terdidik dan terlatih, serta memiliki kemampuan Air Personality yang dapat diandalkan, seperti; penguasaan Adlib, intonasi dan bahasa, serta kaya akan pengetahuan dan pergaulan. (Contoh-contoh aktual dan cara pembentukan poin 4 ini, saya buat menjadi data yang terdapat di dalam CD).
5. Program yang dapat dipertanggungjawabkan, mulai dari daily hingga special program. Inilah proses kerja paling sensitif, penuh pertimbangan, dan tanggung jawab moral seorang PD sebelum dia memutuskan pengudaraan program-program diradionya. Berarti seorang PD tidak boleh menyepelekan hal yang sebenarnya dapat berakibat fatal. Apakah itu rusaknya moralitas, mentalitas, ataupun cultures. Akibatnya radio tersebut bukan saja merugikan dirinya, tetapi juga telah menyesatkan masyarakat pendengar serta menghancurkan bangsanya. Naudzubillahi min zaliq… Kesannya PD hanya punya 5 target utama dalam pekerjaannya. Tapi percayalah, bahwa target-target utama itu adalah tanggung jawab yang tidak mudah bagi seorang Program Director. Sebelum membuktikan keahlian khususnya dalam meramu berbagai program (Kreatifitas), seorang PD juga harus memiliki ciri-ciri unggul dalam dirinya, antara lain;
01. Beriman – Mempunyai atau memiliki iman; meyakini dan mempercayai akan adanya Tuhan Yang Maha Esa.
02. Bertanggung jawab – Berkewajiban menanggung; memikul tanggung jawab. Jika terjadi hal yang tidak dikehendaki, dia boleh disalahkan, diperkarakan, dituntut, dan sebagainya.
03. Berani – Tidak takut; tidak gentar; tidak penakut. Seperti pribahasa “berani hilang tak hilang, berani mati tak mati”. Maksudnya, mengerjakan suatu pekerjaan janganlah tanggung-tanggung atau takut-takut.
04. Setia – Taat; patuh; berpegang teguh pada janji, pendapat, tetap dalam persahabatan, dan
Sebagainya
05. Tangguh – Tidak mudah dikalahkan, kuat, tabah dan tahan uji.
06. Cerdas – Berarti sempurna perkembangan akal budi, tajam pikiran, cepat mengerti tentang
sesuatu, dapat memecahkan masalah, dan sebagainya.
07. Jujur – Ikhlas; tulus hati; tidak curang dan dapat dipercaya.
08. Taktik – Daya upaya untuk mencapai suatu maksud tertentu dengan cara dan rencana yang
tersusun rapi.
09. Ambisi – Berkemauan keras atau bertekad untuk mencapai sesuatu yang baik, yang telah
dicita- citakan.
10. Lugas – Bersahaja; sederhana; apa adanya; tidak berbelit-belit atau neko-neko.
11. Empati – Keadaan mental yang membuat seseorang merasa dirinya dalam keadaan, perasaan
Atau pikiran yang sama dengan orang atau kelompok lain.
12. Naluri – Berarti ciri khas kebiasaan yang dibawa sejak lahir, sebagai pembawaan yang mampu
mendorong untuk berbuat sesuatu atau mampu mengetahui sesuatu secara spontan.
13. Tertib – Rapi; teratur; sopan; sewajarnya. Artinya sesuai dengan aturan
14. Eklektik – Bersifat memilih yang terbaik dari beberapa sumber.
15. Didik – Mendidik. Memberi sesuatu yang berdampak positif, baik berupa latihan akhlak maupun
kecerdasan pikiran, serta kreatifitas.
Dengan memiliki 15 ciri-ciri unggul tersebut (B3ST CJ TALENTED), seorang PD akan semakin mampu mengerjakan tugas-tugas serta menampilkan kreatifitasnya dengan lebih bijaksana. Maksudnya;
01. Dia dapat berkarya dan berkreasi dengan bebas. Namun pengertian “bebas” disini bukanlah
bebas yang seenaknya, ngawur, dan tidak bertanggung jawab. Melainkan “bebas” yang tidak
melanggar norma-norma agama, sosial ataupun budaya. Artinya, boleh-boleh saja sebuah radio
mengudarakan program yang bertemakan “sex”, tetapi bukan pornografi! Maka seorang PD
harus mampu mengemas program seperti itu kedalam bentuk edukasi tanpa harus pula
menyelipkan sesuatu yang berkonotasi negatif.
02. Dia boleh saja meniru apapun yang dianggapnya baik, tetapi bukan menjiplak (plagiator).
Meskipun sangat sulit bagi seseorang menghasilkan karya “masterpiece”, seorang PD tetap
harus memutar kran kreatifitas di otaknya untuk melakukan evaluasi, renovasi, serta inovasi dari
setiap program yang dibuatnya.
03. Dia boleh saja menyatakan ketidaksetujuannya terhadap sesuatu, tetapi bukan bersifat
komentator. Seorang PD yang ulung adalah dia yang jika dibutuhkan, akan bersedia dan sanggup
menempatkan dirinya sebagai solusi.
04. Dia bisa saja langsung menjadi seorang Program Director, tetapi sebenarnya kurang sah apabila
dia tidak menguasai Radio Production serta Radio DJ.
05. Dia bisa saja tegas, tetapi bukan kaku. Dia bisa lembut, tetapi bukan klemar-klemer. Dia kaya
dengan ilmu dan pengalaman, tetapi tidak pelit untuk berbagi. Dia bisa saja seorang pegaul yang
banyak disenangi teman, tetapi tidak pernah hanyut. Atau dia mungkin saja seseorang yang
bertipe introvert, tetapi bukan berarti tidak menyenangkan. Dan banyak lagi keistimewaan-
keistimewaan lainnya dari seorang PD yang memiliki 15 ciri-ciri unggul tersebut diatas.
II. FORMAT SIARAN RADIO
Contoh Tabel Format Siaran Daily Program (60 Menit).
No. MATERI SIARAN MENIT KE DURASI (MENIT) KET.
01. Jingle + Opening 00 1
02. Lagu 1 01 4
03. Komentar + Insert 1 05 1
04. Slot Spot Iklan 1 06 3
05. Bridging + Lagu 2 09 4
06. Adlib 1 13 1
07. Lagu 3 14 4
08. Bridging + Lagu 4 18 4
09. Komentar + Radio Expose 1 22 1
10. Slot Spot Iklan 2 23 3
11. Jingle + Lagu 5 26 4
12. Adlib 2 30 1
13. Lagu 6 31 4
14. Komentar + Insert 2 35 1
15. Slot Spot Iklan 3 36 3
16. Radio Expose 2 39 1
17. Bridging + Lagu 7 40 4
18. Adlib 3 44 1
19. Lagu 8 45 4
20. Komentar + Slot Spot Iklan 4 49 3
21. Jingle + Lagu 9 52 4
22. Smash + Insert 3 56 1
23. Bridging + Lagu 10 57 3
24. TOTAL --- 60
Keterangan:
1. Jika jumlah spot iklan tidak memenuhi target, maka penyiar dapat menggantikan slot spot iklandengan lagu atau radio expose.
2. Komentar jika tidak dibutuhkan, dapat digantikan dengan smash.
3. Dalam 1 jam siaran, penyiar menyiapkan sebanyak 3 materi adlib. Lebih banyak lebih baik lagi. Karena apabila tidak terpakai, paling tidak dia punya stock adlib yang dapat digunakan kapanpun. Terutama apabila materi simpanannya itu bersifat umum dan informasinya tidak usang.
4. Meskipun lagu-lagu telah di program oleh Music Director, penyiar tetap berkewajiban meramu lagu-lagu tersebut agar tidak terdengar monoton. Misalnya dengan mengkombinasi antara penyanyi solo pria dan wanita, atau dengan kelompok musik. Begitu juga jenis musik serta temponya, penyiar harus sanggup melakukan variasi diantaranya.
5. Contoh format siaran 60 menit ini dapat Anda dengarkan melalui CD data.
Format siaran juga ditentukan dan dibuat oleh seorang Program Director (PD). Format ini dibuat agar penyajian setiap daily ataupun special program dapat dilaksanakan dengan teratur. Melalui keteraturan seperti itu memudahkan pelaksana bagian siaran mengudarakan seluruh materi yang telah ditentukan sesuai dengan waktunya.
Begitu juga pelaksana bagian produksi rekaman. Mereka bertugas memproduksi rekaman, sesuai dengan kebutuhan format siaran yang telah ditentukan. Rekaman-rekaman tersebut bisa berupa Special Program, Insert, ataupun Radio Expose.
Berikut ini saya berikan contoh materi kata serta tabel format rekaman, yang dapat digunakan bagi kebutuhan insert siaran daily program. Selanjutnya script tersebut dibacakan oleh penyiar yang ditunjuk, dan direkam oleh penata rekam bagian produksi. Hasilnya kemudian di edit, di mixing, serta diberikan penambahan backsound, sound effect, ataupun smash agar rekaman itu menjadi lebih eksklusif.
Catatan:
Saya juga memberikan contoh bagaimana memproduksi insert secara detail, yang dapat Anda ikuti melalui CD data.
TEMA : PEMBICARA YANG BAIK
NO TALENT MATERI KATA KET.
01 CEWEK 1 Bo’ gue bingung deh ngeliat si Brenda sama cowoknya… Rumpi
02 CEWEK 2 Emangnya kenapa mereka??? Bolot
03 CEWEK 1 Lo nggak perhatiin ya?! Cowoknya itu kalo ngomong khan nggak
lebih dari 4 kata?
04 CEWEK 2 Lho emangnya kenapa??
05 CEWEK 1 Eh jeng telat…apa elo ngerasa nyaman, kalo punya cowok yang nggak
bisa diajak ngomong, dan cuma ngejawab seperlunya, haaah!!?
06 CEWEK 2 Emangnya cowok aku gitu? Enggak akh…
07 CEWEK 1 Bolooot..!!! gue bukan lagi ngomongin cowok elo tauk…!!?
08 CEWEK 2 Emangnya lagi ngomongin siapa???
09 CEWEK 1 Aaaaaaaaaarghh!!!!
10 ANNOUNCER Ladies…Lelaki pendiam awalnya memang seperti misteri yang mengundang rasa
penasaran untuk mengenalnya lebih jauh. Namun jangan tertipu dengan kesan
pertama. Seringkali lelaki pendiam berubah menjadi pribadi yang tidak
bersahabat dan cenderung sulit nantinya. Susah membuka mulut dan seolah
tidak berminat untuk berbagi apa pun, adalah indikator bahwa kepribadiannya
dingin dan kosong. Padahal, kunci kehidupan bersama yang solid dan
menyenangkan ada pada keinginan untuk berbagi gagasan dan pemikiran.
Alangkah senangnya jika bisa membicarakan artikel koran atau majalah, film
bioskop, atau gossip tentang teman-teman. Rasanya, kamu dan dia seperti
tidak pernah kehabisan bahan pembicaraan. ..
11 CEWEK 2 Oooh aku tahu sekarang…pasti kamu nyangkain cowokku pendiam khan…???
12 CEWEK 1 (tarik nafas panjang…) Heeeeh…’serah elo deh!
EFEK YANG DIBUTUHKAN DALAM PERCAKAPAN DIATAS ADALAH SUARA DITELPON DAN PENELPON. KEMUDIAN DITAMBAHKAN DENGAN SMASH-SMASH & SFX YANG COCOK.
Contoh Tabel Format Rekaman Special Program
(60 Menit).
ICJ FM
LEGEND SERIES
NO MATERI PROGRAM MENIT/
DETIK KEDURASI MENIT/DETIK KETERANGAN
QUEEN –Beatiful Goodbye
Friday///07-19.00-20.00
01 Opening Program +
Commercial Tune 00.00 00.45 Recording
02 Komentar Materi 1 00.45 01.10 Dry VO Recording
03 Lagu 1.
Heaven For Everyone 01.55 05.00 Mixing + Editing
04 Komentar Materi 2 06.55 01.35 Dry VO Recording
05 Lagu 2.
Crazy Little Thing Called Love 08.30 02.20 Mixing + Editing
06 Komentar Materi 3 10.50 01.05 Dry VO Recording
07 Lagu 3. Living On My Own 11.55 03.35 Mixing + Editing
08 Sponsor Tune +
Commercial Break 1 15.30 02.00 Recording
09 Tune Program +
Komentar Materi 4 17.30 01.35 Dry VO Recording
10 Lagu 4. Bohemian Rhapsody 19.05 04.55 Mixing + Editing
11 Komentar Materi 5 25.00 01.15 Dry VO Recording
12 Lagu 5. The Invisible Man 26.15 03.45 Mixing + Editing
13 Komentar Materi 6 30.00 01.25 Dry VO Recording
14 Lagu 6. Don’t Stop Me Now 31.25 03.30 Mixing + Editing
15 Sponsor Tune +
Commercial Break 2 34.55 03.00 Recording
16 Tune Program +
Komentar Materi 7 37.55 01.35 Dry VO Recording
17 Lagu 7. We Are The Champion 39.30 02.55 Mixing + Editing
18 Jingle + Komentar Materi 8 42.25 02.15 Dry VO Recording
19 Lagu 8. You’re My Best Friend 44.40 02.45 Mixing + Editing
20 Komentar Materi 9 47.25 01.30 Dry VO Recording
21 Lagu 9.
Another One Bites The Dust 48.55 03.15 Mixing + Editing
22 Sponsor Tune +
Commercial Break 3 52.10 02.00 Recording
23 Komentar Materi 10 54.10 01.30 Dry VO Recording
24 Lagu 10. A Winter’s Tale 55.40 03.35 Mixing + Editing
25 Closing Program +
Commercial Tune 59.15 00.45 Recording
TOTAL 60 MENIT
III. RADIO GAMES
RADIO KUIS
MOTIVASI PENDENGAR DAN DAYA TARIK ACARA.
1. Daya tarik adalah hadiah – makin besar hadiah, semakin menjadi daya tarik.
2. Daya tarik ada pada materi games yang ‘menantang’ menimbulkan penasaran.
3. Daya tarik ada pada si pembawa acara (penyiar/radio dj).
4. Pendengar bisa puas bila dapat berkomunikasi dan disebut namanya dalam siaran.
5. Kepuasan pendengar untuk mengejar menang.
6. Daya tarik/kesukaan ber-humor karena radio games selalu akrab dengan humor.
PERSIAPAN RADIO GAMES/KUIS.
1. Penyiar yang trampil berkomunikasi/memimpin, pandai bermain kata, sense of humor yang tinggi serta mampu mengembangkan kreatifitas pendengar.
2. Aturan main yang disepakati – harus jelas – jujur – jenaka dan adil.
3. Ada kriteria menang atau kalah ; persyaratan boleh, tidak boleh, sah atau tidak sah.
4. Siap menanggulangi kasus yang akan terjadi misalnya : kesalahan ucapan, koreksi, protes, excuse,
5. syarat waktu atau kelengkapan jawaban.
5. Menyiapkan :
- Skenario acara – radio script.
- Petugas dan manualnya.
- Peralatan games/kuis.
RADIO GAMES DALAM FORMAT SIARAN.
1. Acara yang komunikatif (bisa dua arah), memiliki daya tarik yang tinggi.
2. Dapat mengikat pendengar dalam tempo yang panjang (time spent listening).
3. Acara yang relatif ‘mudah dijual’ sebagai ajang komersial.
4. Acara tersebut memberikan ‘identitas’ yang mudah diingat oleh khalayak pendengar.
5. Acara ini begitu ‘fleksibel’ dilaksanakan oleh setiap sta-ra dalam format siaran apapun tanpa batasan.
6. Radio games/kuis dapat dibuat dengan ‘aneka bentuk kreatifitasnya’.
7. Radio games/kuis dapat dibuat dalam ‘serial-episode-temporer’ baik harian, mingguan bahkan
seketika, kapanpun kita kehendaki.
8. Beberapa sta-ra menjadikan acara ini sebagai ‘acara unggulan’ atau high light untuk sasaran Reach
and Coverage yang optimal.
9. Acara ini dapat dipakai untuk menambah data dan catatan pendengar, mengidentifikasi segmen
pendengar.
RISIKO BURUK
“Bila Dilakukan Dengan Salah”.
01. Pelaksanaan acara tidak lancar, penyiar dan operator kurang trampil dan tidak kooperatif.
02. Peralatan kurang mendukung.
03. Penyiar tidak fair, atau sengaja menghalangi pemenang.
04. Sikap penyiar tidak luwes dan tidak ramah.
05. Pendengar kurang kreatif, penyiar tidak mampu mengembangkan, acara kurang menarik dan
membosankan.
06. Pertanyaan terlalu sepele, tidak menarik, kurang
<SPAN style="FONT-SIZE: 16pt; FONT-FAMILY: 'Tempus Sans ITC'"> menantang atau justru terlalu
sulit dan mustahil bisa ditebak.
07. Hadiah tidak jelas atau hadiah terlalu murah.
08. Aturan main tidak jelas – penyiar tidak konsekuen dengan peraturan.
09. Untuk hadiah yang sangat besar nilainya, sangat riskan bila kriteria ‘menang’ ada bermacam
interpretasi atau mudah dituduh ‘mengatur’ pemenang.
10. Pemenang kecewa karena prosedur pengambilan hadiah yang terlalu sulit.
11. Sistem administrasi-dokumentasi kurang baik.
12. Pihak sponsor tidak tertarik dengan acara ini/tidak puas atau bahkan tidak menguntungkan.
13. Produk sponsor terlalu overexpose, hingga pendengar bosan.
14. Waktu kuis tidak tepat lagi sasaran pendengarnya.
15. Dan lain-lain.
ANEKA MACAM GAMES DAN KUIS.
1. Tebakan (nyata): tebak kata, orang, bunyi, tempat, lagu, kejadian.
2. Jawab (soal): Menjawab dengan uraian lisan atau tertulis.
3. Rintangan (handicap): Suruhan mengatakan sesuatu dengan handicap tertentu.
4. Kontes (adu): Pemenang dinilai yang paling memenuhi kualitas terbaik.
5. Suruhan gerak: Pendengar mengikuti semua instruksi dari sta-ra.
6. Mujur: Menebak salah satu alternatif.
7. Bersambung: Mengikuti perjalanan siaran.
8. Humor (teka teki): Bebas – menurut logika humor maupun permainan kata yang mengelitik.
Catatan :
Media Games/Kuis bisa berupa :
Telpon, surat, temu muka, monitoring siaran, brosur/poster, kegiatan off air, mix medium (campurannya).
IV. SASARAN ACARA.
A. Meraih jumlah pendengar (reach).
MeliputI kelompok sasaran/khalayak pendengar (coverage).
B. Lama waktu mendengar (time spent listening).
C. Pangsa pendengar (audience share).
D. Jumlah rata-rata pendengar per1/4 jam (average quarter hour).
E. Jumlah total pendengar perhari.
F. Perbandingan duplikasi pendengar antar satu stasion radio dengan stasion radio yang lain (audience
turn over ratio).
G. Memperoleh keuntungan bersih (profit margin)
- Memperoleh hasil usaha komersial (total billing).
- Mengendalikan biaya produksi (cost of production).
H. Mengembangkan citra stasion radio dan membentuk identitas stasion radio (brand image and station
identy).
I. Menjadi stasion radio panutan (trendsetter).
J. Melahirkan penyiar favorit (air personality).
Seluruh sasaran tersebut diatas akan dapat berjalan baik, jika PD mempersiapkan prosedur sebagai berikut:
01. Telah ditetapkan positioning – format station dan target audience.
02. Telah ditetapkannya identitas stasion radio.
03. Bentuk organisasi bagian siaran (charts).
04. Telah ditunjuk staff bagian siaran berikut uraian jabatannya (job description).
05. Ditetapkan system berisi manual dan producer serta peraturan kepegawaian (company regulation).
06. Telah memiliki falsafah perusahaan (corporate philosophy).
07. Memiliki sumber/materi bahan siaran: kata-tulisan-musik dan bunyian.
08. Memperoleh dukungan finansial (program budget).
09. Memiliki iklim kerja kreatif dan budaya kerja (etos and corporate culture).
10. Memiliki penyiar yang trampil (air personality).
11. Memiliki nara sumber.
12. Ada forum komunikasi intern (evaluasi-treatment-monitoring dan presentasi).
13. Memiliki system administrasi siaran.
V. STATION IDENTY.
Nama panggil STA-RA (stasion radio).
1. Nama “stara”.
2. Slogan.
3. Dibuat dalam soundtracks.
- Station call.
- Program cue-sign tune.
- Jingle-theme song.
Bahasa Siaran.
1. Standart kata dan ucapan.
2. Kosakata.
Air Personality.
1. Gaya siaran – stylish.
2. Karakter khas program.
High Light Program.
1. Acara unggulan.
2. Harian-mingguan.
Special Event/Actives (program offair).
Visual Grafis.
1. </SPAN>Logo.
2. Typografi.
Benda-benda Identitas (souvenirs-giftaway).
Untuk mengerjakan materi-materi kreatifitas diatas, PD menugaskan tim copy writer serta anggota Radio Program lainnya. Siapa sajakah yang berperan membantu tugas PD dalam mengerjakan program- program siaran radio? Marilah kita pelajari masing-masing tugas dan tanggung jawab mereka.
VI. COPY WRITER
Adalah kerja penulisan naskah yang berisi wacana dengan tujuan untuk ‘menjual produk’ dan jasa atau untuk mengkomunikasikan sebuah gagasan kepada khalayak pendengar.
Penulisan naskah didalam ‘kerja kreatif’ radio siaran dijumpai dalam bentuk :
1. Copy Writing.
2. Script Writing.
- Rewriting : Uraian, ringkasan & final script.
- Translation : Terjemahan
3. Radio Script : Scenario acara.
YANG DITULIS COPY WRITING.
1. Station Identity : Station call and reminder.
2. Positioning : Slogan.
3. Radio Expose & Publikasi :
- Informasi acara.
- Informasi events (kegiatan off air).
4. Menjual Jasa & Produk : Beriklan.
5. Himbauan & Layanan Masyarakat : Membentuk sikap dan prilaku moral.
6. Program Cue : Insert – bridging – jumping cue.
7. Perbendaharaan kata/kosa kata.
STRUKTUR COPY WRITING.
1. Attention getter.
2. Mengemukakan problem, gejala dan fakta.
3. Memberikan solusi, pemecahan permasalahan.
4. Menunjukan produk atau jasa yang dijual.
5. Ajakan – bujukan – anjuran – pilihan tunggal – suruhan.
6. Memberikan jaminan – gambaran – bukti – fakta – keuntungan – alasan – manfaat serta keunggulan.
7. Menyebut sumber informasi : sender, produser.
8. Bunyian : SFX – human effect – music effect.
9. Music : Ilustrasi/backsound – theme song – link – jingle – untuk entertainment.
YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM COPY WRITING.
01. Copy writing adalah awal pelaksanaan kerja kreatif.
02. Radio copy writing adalah menulis bahasa ‘verbal’ bukan bahasa tulisan.
03. Memahami “what to say and how to say”.
04. Mengetahui dengan jelas sasaran pendengar dengan segala daya tangkapnya, interpretasi, persepsi,
opini, interest dan psikografinya.
05. Memenuhi harapan ‘AIDA’ (menarik dan dipercaya), Attention, Interest, Desire and Action.
06. Menguasai wawasan produk knowledge beserta aspeknya.
07. Memiliki perbendaharaan kata – kosa kata, idiom, penataan kalimat bicara dan strukturnya.
08. Menguasai perbendaharaan musik dan bunyian yang mendukung imajinasi.
09. Memahami kaidah copy writing ; duration – padat kata – ulung kata – bunyian – tata bahasa dan
etika.
10. Konsisten dengan radio positioning.
11. Memperhatikan kualitas.
12. Pemilihan casting/pemeran bicara yang tepat dan memenuhi sasaran.
13. Pemilihan casting/pemeran bicara yang tepat dan memenuhi sasaran.
COPY WRITE YANG IDEAL.
01. Wacana (teks) komunikatif – bisa dimengerti oleh khalayak sasaran pendengar.
02. Ada attention getter : kata atau bunyian.
03. Dipercaya, memberi ‘janji’, serta manfaat kepada konsumen pendengar.
04. Tidak klise, ada selera baru, unik dan original.
05. Ada nilai kreatif dalam bunyi dan isi.
06. Penempatan/penggunaan musik dan bunyian tepat dan mendukung wacana.
07. Urutan struktur yang logis, mudah diikuti logika yang mendengar ( editorial layout).
08. Klimaks (solution) sebaiknya dibagian akhir.
09. Memberi tanda baca yang jelas : lafal – phrasering – intonasi – karakter.
10. Durasi copy – jumlah pengulangan kata-padat kata.
11. Biasanya audience tidak suka digurui.
12. Kurangi penyajian angka-angka yang membenahi pendengaran.
13. Hindari sara + Politik.
14. Jangan salah casting.
PENDEKATAN KREATIF COPY WRITING.
1. Hard sell >< soft sell, persuasive.
2. Dialog >< monolog.
3. Humor, cartoon.
4. Theatre.
5. Spoke person sebagai ‘umbrella’.
6. Fiksi – imajinasi.
7. Logika usia dan tingkat intelektual.
8. Scientific – technology.
9. Data riset atau lab.
10. Daerah – budaya.
11. Musical – jingle.
12. Imajinasi bunyi – SFX.
13. Lingkungan profesi dan hobby.
14. Permainan kata – vernal.
15.Bukti sejarah.
16. Filosophy yang diakui semua orang.
17.Prosais – puitis.
18.Kaidah agama.
19.Hukum positif.
20. Pembuktian orang lain (testimonial).
21. Kejadian actual.
22. Daya tarik media – undian.
VII. SCRIPT WRITING.
Penulisan naskah untuk diucapkan penyiar dalam siaran.
- Adlib.
- PSA (Public Service Announcement).
- News (berita), editorial.
- Essay.
- Terjemahan.
- Uraian, ringkasan.
- Naskah radio play (sandiwara).
Juga penulisan untuk station promotion.
- proposal acara dan event.
- Corporate, booklet.
- Penerbitan bulletin radio.